PTK - Bahasa Jawa
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MENGANALISIS RELEVANSI
TEKS CERITA WAYANG
DENGAN KEHIDUPAN
ZAMAN SEKARANG MELALUI
MEDIA AUDIOVISUAL
PADA SISWA KELAS X SMA
MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN
Oleh:
Fryskatana
Wira Stya Mulyaningtyas, S.Pd
2000103922746011
PENDIDIKAN
PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA JAWA
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
|
Peningkatan Kemampuan Menganalisis Relevansi Teks Cerita Wayang
Dengan Kehidupan
Zaman Sekarang
Melalui Media Audiovisual
Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1
Kepanjen
Fryskatana Wira
Stya Mulyaningtyas, S.Pd
Guru Bahasa Jawa
SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen
Abstrak
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran untuk siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1
Kepanjen. Secara khusus bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan
proses pembelajaran menganalisis teks
cerita wayang dengan kehidupan zaman sekarang melalui media audiovisual pada
siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen. (2)
mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menganalisis teks
cerita wayang dengan kehidupan zaman sekarang melalui media audiovisual pada
siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen. Penelitian ini dilakukan dalam tiga
siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan pada saat pandemi covid-19 sehingga penelitian ini dilakukan
secara daring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPAdan IPS semester 1
Tahun Pelajaran 2020-2021 berjumlah 15
siswa yang terdiri dari empat siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang
diperoleh berupa hasil mengenalisis relevansi teks cerita wayang dengan
kehidupan zaman sekarang berupa hasil tes evaluasi dan lembar observasi
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata
nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 atau 20% siswa memenuhi
KKM. Pada siklus II 73,6 atau 53% siswa memenuhi nilai KKM. Pada siklus III
diperoleh hasil nilai rata-rata kelas yakni 81,7. Simpulan yang diperoleh dari
penelitian tindakan kelas ini adalah adanya hasil belajar siswa pada setiap
indikator pencapaian kompetensi. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan
media audiovisual yang berorientasi TPACK mampu meningkatkan hasil belajar
siswa.